User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rosario Alkitabiah

Sebenarnya kalau kita melakukan doa rosario dan menghayatinya dengan benar-benar, maka kita berdoa sesuai dengan Kitab Suci. 

 

Kita berdoa “Aku Percaya”, yang mengingatkan kita akan iman yang kita percayai. 

Kita berdoa 6x Bapa Kami, doa yang diajarkan oleh Yesus, dan kita juga berdoa 53x doa Salam Maria. Dan doa Salam Maria sendiri adalah doa yang berdasarkan Alkitab. 

Mari kita melihat satu-persatu kalimat dari doa ini:

Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu: “Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” (Luk 1:28)

Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus: “Lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.” (Lk 1:42).

Santa Maria Bunda Allah: “Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” (Lk 1:43).

Doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.: “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yak 5:16). “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, –yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota–menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.” (Ef 4:16). 

Jadi, kalau semua umat Alllah adalah hidup, walaupun tidak berada di dunia ini dan kita harus saling mendoakan, maka adalah sudah seharusnya kita memohon agar Bunda Maria (yang telah dibenarkan oleh Allah dan pasti telah berada di Sorga) mendoakan kita semua yang masih mengembara di dunia ini.

Dengan demikian kita diingatkan bahwa dengan berdoa rosario, kita tidak sedang menggantikan peran pengantaraan Yesus dengan pengantaraan Bunda Maria, tetapi kita percaya bahwa karena Bunda Maria berada dalam persatuannya yang sempurna dengan Allah Trinitas, maka pengantaraan Bunda Maria ada di dalam Pengantaraan Kristus dan mendukung Pengantaraan Kristus itu kepada Allah Bapa, oleh kuasa Roh Kudus. 

Doa Rosario adalah salah satu bentuk devosi kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria, sebab melalui doa rosario, kita merenungkan peristiwa-peristiwa hidup Yesus sambil mendaraskan doa Salam Maria. Jika didoakan setiap hari, akan sangat membangun iman kita

Perihal apakah ada efek doanya (doa devosi rosario apapun) yang didoakan dengan jari atau dengan kalung rosario, hanya Tuhan yang dapat menentukan, tetapi prinsip yang dapat dipegang adalah, doa yang dilakukan dengan kerendahan hati dan disposisi hati yang benar, tentu akan lebih menghasilkan buah- buah untuk pertumbuhan rohani bagi mereka yang melakukannya.

Butir-butir Rosario gunanya adalah untuk membantu kita berdoa. Maka jangan sampai sesuatu yang menjadi alat bantu ini malah menjadi halangan untuk berdoa

*sumber: katolisitas.org