User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Ketentuan mendapatkan bantuan ASAK:

·       Hanya untuk umat (memiliki KK Paroki).

·       Memenuhi kriteria “tidak mampu” yang ditetapkan Tim ASAK.

·       100% melalui proses survei.

·       Proses persetujuan oleh komite melalui rapat.

·       Penyantun mendapatkan profil anak santun.

·       Anak Santun tidak mengetahui profil penyantun.

Tata cara mengajukan bantuan rutin ASAK:

·       Umat mengajukan permohonan bantuan melalui SSL/ketua lingkungan dengan mengisi form B1 dan B2 secara lengkap dan ditandatangani oleh ketua lingkungan sebagai persetujuan bahwa umat tersebut memang dari keluarga tidak mampu.

·       Dokumen pendukung yang harus dilampirkan: fotokopi akta lahir dan surat baptis anak, fotokopi KK Paroki dan KTP orangtua, fotokopi raport terakhir, surat keterangan dari sekolah/kartu SPP, dan pas foto.

·       Form B1, B2, dan dokumen pendukung diserahkan ke Tim ASAK sehingga bisa ditindaklanjuti.

Kriteria anak santun:

·       Umat paroki, berasal dari keluarga tidak mampu (berdasarkan surat keterangan dari ketua lingkungan/wilayah setempat, survei langsung, wawancara, dan foto-foto).

·       Usia pendidikan: SD sampai SMA.

·       Berkelakuan baik dan tidak terlibat narkoba.

Kriteria penyantun:

·       Umat yang bersedia tanpa paksaan.

·       Komitmen santunan minimal 1 tahun (Juli ke Juni), sebesar Rp 200.000/bulan untuk tingkat SD–SMA dan Rp 400.000/bulan untuk tingkat kuliah.

·       Pembayaran per 3, 6, atau 12 bulan.

·       Penyantun mendapatkan profil anak santun.

·       Penyantun bisa menyantuni lebih dari satu anak santun.

·       Dana ditransfer ke rekening khusus ASAK.

 

*Oleh: Sri Mulyati (Koordinator Subseksi ASAK)

Subcategories