Header-biasa

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
 
Silsilah keluarga bagi kita berfungsi untuk mengumpulan seluruh anggota keluarga,  melihat sejarah hidup dan keturunan. Kita mengenal persis saudara-saudari kita dan berelasi mengembangkan kasih dan iman bersma mereka. Saudara-saudari  menjadi bagian hidup kita dan diri kita menjadi bagian hidup mereka. Kita juga dapat mewarisi, menghidupi semangat hidup dan kasih para leluhur kita.
 
Mateus memaparkan silsilah Yesus dan menujukkan kepada kita bahwa tidak semua keluarga itu sempurna. Kita dari keluarga yang tidak sempurna, diri kita juga tidak sempurna. Namun kita dipanggil  untuk berjalan bersama menuju pada kesempurnaan.  Yesus memang lahir dari keturunan Daud yang sungguh hebat, terkenal. Namun kalau kita perhatian dari silsilsah itu ada keluarga yang tidak sempurna.
Keunikan dari Silsilah Yesus ini tidak semua laki-laki, ada empat perempuan tercantum dalam silsilah tersebut. Perempuan pada jaman itu dianggap lemah dan tidak boleh untuk menentukan keturunan.  Namun dalam silsilah Yesus ini kita temukan ada empat wanita yang turut dalam menentukan silsilah. Pesan yang hendak disampaikan kepada kita yakni Yesus itu datang untuk menebus dosa kita yang lemah dan untuk menyelamatkan semua  semua orang dari berbagai bangsa.
 
Kita berasal dari keluarga yang tidak selalu bahagia dan tidak sempurna. Kita diajak untuk menyambut kelahiran Yesus yang akan menyelamatkan semua orang dari pelbagai suku, bangsa serta menebus dan menelamatkan kita semua. Kita kembangkan diri kita menjadi bijaksana dan mengajak orang lain berjalan bersama dalam kebahagian kita semua.
 
Tuhan, Engkau telah menciptakan kami baik adanya. Tuntunlah kami dalam kuasa kasih-Mu sehingga kami dapat menjadi bijaksana. Datanglah segera Engkau telah kami nantikan bersama seluruh ciptaan. Amin
 
Bidaracina 17 Desember 2021, Blasius Sumaryo SCJ